Hal Positif yang bisa dilakukan di hari valentine, salah satu nya Jadi Relawan!

“Para murid dilatih daya peka dan konsentrasi dengan cara menggerakan mobil dengan hanya menggunakan pikiran”, agenda ini menjadi daya tarik tersendiri bagi para murid dalam mengikuti rangkaian keseruan kegiatan relawan Fun Workshop yang bekerja sama dengan Rumah Zakat yang di selenggarakan bertepatan dengan hari kasih sayang.
foto kegiatan relawan rumah zakat
"Salah satu siswa mencoba permainan Augmented reality technologies"
Baca Juga: Pengalaman Kelas Inspirasi Cirebon
Tiap hari hujan turun bahkan beberapa tempat sudah jadi langganan banjir khususnya di daerah Ibu Kota Jakarta, artinya kita sudah masuk di bulan februari. Bulan dimana menjadi puncak musim hujan dan akan ramai pemberitaan tentang banjir di Ibu Kota tersebut. Namun sayangnya, pemberitaan mengenai banjir ini akan kalah trending dengan fenoma satu ini. Fenomena dimana bulan ini terdapat satu hari yang lebih istimewa bagi mereka yang sering disebut dengan hari kasih sayang.

Sering pula kita menyaksikan di media, tempat pembelajaan, dan pusat hiburan sibuk berlomba untuk menarik perhatian para muda-mudi dengan menggelar pesta atau sebatas merayakan, bahkan ada juga yang membuat sebuah event yang di gelar hingga larut malam. Tidak hanya dari kalangan muda-mudi, bahkan miris nya para pelajar yang bisa dibilang ABG Jaman Now memaknai hari kasih sayang merupakan hari yang special, hari yang ditunggu-tunggu dimana mereka akan sibuk menyiapkan kado, menonton film romantis atau makan malam bersama pasangan.

Harus kita sadari bahwa hari kasih sayang bukan melulu soal percintaan dua sejoli atau merayakan berdua dengan pasangan. Ada banyak hal yang perlu kita syukuri dan bisa kita jadikan momentum berbagi ceria dan tawa dengan orang-orang di sekitar kita, karena sejati nya hari kasih sayang bukan lah hanya tentang merayakan dengan pasangan kita, namun berbagi kasih dengan keluarga, saudara, teman, bahkan orang lain yang belum kita kenal sekali pun.

Dan bagi kamu yang merayakan hari kasih sayang sendirian, jangan sedih atau berkecil hati kalau kamu dianggap tidak gaul, banyak hal yang dapat kamu syukuri dan lakukan salah satu nya menjadi bagian kegiatan relawan yang seperti saya lakukan tahun lalu.

foto kegiatan relawan rumah zakat
"Foto bersama seluruh relawan, anak murid serta dewan guru"

Bertepatan satu tahun lalu, diselenggarakan salah satu kegiatan yang bertajuk “Fun Workshop” bekerja sama dengan Rumah Zakat dan dilaksankan disalah satu SD Juara Jakarta Utara. Kami beranggotakan 4 orang saat itu ditunjuk perusahaan tempat kami bekerja untuk satu hari berbagi keceriaan dengan para murid-murid hebat yang ada di SD Juara Jakarta Utara ini.

foto kegiatan relawan rumah zakat
"Foto profile Relawan"
Tepat pukul 09.00 pagi, kami dibantu pihak sekolah dan relawan fotografi dari Rumah Zakat selesai mengatur Musholla yang sudah di sediakan panitia dan sekolah untuk mengelar kegiatan Fun Workshop ini. Dibuka dengan sambutan dari pihak Rumah Zakat dan perkenalan semua relawan, kami mencoba membaur bersama anak-anak ini dengan melakukan senam “Chicken Dance”, dan seketika langsung perasaaan kami yang awal nya gugup sudah mulai cair ketika melihat anak-anak ini tersenyum dan gembira dengan cara perkenalan kami.

Setelah dirasa kami sudah dapat attention dari anak murid kemudian kami coba mengobrol lebih dekat dengan anak murid ini dengan beberapa games yang sudah kami siap kan sebelumnya, dan berikut contoh permainan yang cocok untuk anak SD, diantaranya:
  • MATRIX MOVE
Untuk games pertama adalah permainan dimana anak murid dituntut untuk bercerita apakah mereka mempunya cita-cita dan hal yang ingin di capai kelak. Dengan menulis di sticky note yang kami sediakan, mereka juga ditugaskan untuk menulis salah satu tokoh inspirati. Dan kalian tahu, sebagian besar jawaban dari mereka apa? dan wow kebanyakan mereka mengisi dengan tulisan “Ayah” , sungguh hebat ya pola pikir mereka walaupun di awal kami contoh kan untuk memilih seperti nama toko pahlawan atau pun karakter fiksi justru mereka menjawab dengan jawaban terjujur dari hati seorang anak kecil yaitu “Ayah” mereka sendiri. 

Namun tidak berhenti disitu, setelah semua selesai menulis cita-cita dan tokoh inspiratif, kami menunjuk untuk salah satu dari perwakilan dari masing-masing kelompok yang kita bagi. Tidak sulit untuk mengatur permainan ini karena anak murid juga sangat antusias dengan games kita, terbukti ketika kami hendak memilih justru dari masing-masing kelompok saling mengangkat tangan, tanda mereka ingin maju kedepan dan bercerita apa saja sih yang mereka cita-cita kan. 

Setelah itu perwakilan dari masing-masing kelompok untuk menempelkan setinggi mungkin dibantu dengan rekan kelompok nya meletakan kertas itu setinggi mungkin agar lebih tinggi dari kelompok lain, tapi tidak selesai sampai disitu, kita coba minta ke anak ini untuk mengambil sendiri kertas yang di tempelkan nya tadi. Dan tentu mereka kesusahan untuk meraih kertas tersebut jika tidak dibantu kelompok nya masing-masing.

foto kegiatan relawan rumah zakat
"Keseruan permainan Matrix Move "
Hal ini diharapkan anak-anak mempunyai mimpi, karena sejatinya pencapaian besar dimulai dari impian, kita harus meyakinkan kepada mereka untuk terus berupaya dalam mewujudkannya, namun jangan lupa ada usaha dan upaya orang lain dalam kesuksesan kita kelak dan kita tidak boleh melupakanya.
  • WHO AM I?
Games kedua adalah sebuah permainan sederhana, yang menuntut anak murid berlaku jujur tentang sikap teman nya dan agar mereka tahu seperti apa sih diri mereka masing-masing? Dan apakah selama ini temen-temen mereka juga rasakan yang sama.
Dengan bermodal kertas yang dilipat 2 sisi dan diberikan tali atau pita kemudian dikalungkan ke pundak, setelah itu kertas yang mereka kalungkan masing-masing untuk diisi, namun bukan kita sendiri yang akan melengkapi nya melainkan teman yang akan isi. Pertama kertas yang berada di punggung kita masing-masing diisi oleh teman di belakangnya dengan 3 hal positif. Jika sudah selesai kemudian anak-anak ini berputar posisi yang awal hadap kedepan kemudian kebelakang sehingga putaran kelompok menjadi arah berlawanan dengan putaran kelompok sebelumnya. Selanjutnya kertas yang kosong di sisi lain dapat diisi oleh teman yang dibelakang kita namun kali ini dengan 3 hal yang buruk dari sifat kita oleh teman kita dengan jawaban jujur.

Setelah sudah selesai semua, anak-anak belum di suruh untuk baca ( ya walaupun anak-anak pasti kepo dengan jawaban dari teman teman nya apalagi perihal perilaku buruk nya, hehe ), kemudian sama dengan games pertama ditunjuklah salah satu perwakilan kelompok untuk maju kedepan dan membaca kan hal hal apa yang ditulis oleh teman-teman nya.

foto kegiatan relawan rumah zakat
"Keseruan permainan Who Am I"
Hal ini dibutuhkan anak untuk mengetahui karakter-karakter positif maupun negatif yang telah ditemukan oleh diri kalian & teman-teman, bisa terus dikembangkan agar dapat menjadi upaya untuk mengalahkan kekurangan-kekurangan yang kita miliki.
  • HUMAN MACHINE
Games ketiga sudah mulai sedikit panas dan berkompetisi dengan masing masing group, ada 2 opsi untuk memainkan permainan ini, pertama anak-anak dituntut untuk kerja kelompok dengan memperagakan alat-alat mesin seperti memperagakan mobil yang berjalan.
Karena bagian mobil itu banyak, anak-anak dituntut untuk menjadi sebuah mobil yang bergerak bersama-sama dengan part dalam mobil tersebut sehingga untuk membentuk sebuah mobil kelompok tersebut harus mengambil peran menjadi salah satu bagian dari body mobil agar bisa berjalan seirama, juri harus menilai apakah peran yang diambil sesuai misalkan ada yang jadi roda?, roda nya ada berapa?, kemudian ada bagian tutup mobil atau pintu mobil dan sebagainya.

Namun jika dirasa suasana berubah menjadi chaos dan cenderung menjadi bar-bar, lebih baik memainkan permainan ini dengan opsi kedua yaitu kelompok tersebut akan kita sediakan sedotan untuk diminta menyusun rangkaian bangunan yang tertinggi dan terkuat. Dari kedua aspek penilaian ini yang akan diprioritaskan adalah bangunan yang paling tinggi terlebih dahulu, kemudian kita test kekuatan dari kelompok A ( karena kelompok membuat menara paling tinggi), dan jika berhasil menahan satu buah buku arti nya mereka menang dan jika gagal berarti kita cari kelompok lain yang bangunan nya paling tinggi selanjutnya untuk kita uji kekuatan seperti yang kita lakukan untuk kelompok A begitu seterusnya hingga kita mendapatkan siapa pemenangnya.
foto kegiatan relawan rumah zakat
"Keseruan permainan Human Machine"
Hal ini diharapkan kelompok tersebut dapat mengambil keputusan yang cepat namun di sisi lain juga harus tepat, apakah mereka harus membangun menara dengan sedotan yang paling kuat saja tanpa menghirau kan kelompok lain membangun menara yang tinggi ?, apakah mereka tetap membuat bangunan yang tinggi agar bisa di nilai oleh juri terlebih dahulu tanpa memikirkan bangunan yang kuat ketika di tes oleh juri.
  • Augmented Reality technologies
Dan terkahir adalah permainan yang paling ditunggu-tunggu oleh para murid yaitu permainan menggunakan teknologi Augmented Reality yang sudah kami sediakan dari project perusahaan kami bekerja untuk di perkenalkan kepada anak murid. Cara kerja nya simpel, anak murid akan kita pasang kan semacam alat detektor di bagian kepala untuk mendeteksi tingkat fokus mereka yang disambungkan dengan roda pada mobil yang ada di depan nya, jika dia bisa fokus pada 1 tujuan atau 1 titik kemungkinan besar roda itu akan gerak dan mobil pun akan melaju.
foto kegiatan relawan rumah zakat
"Keseruan permainan AR Teknologi"
Hal ini diharapkan anak anak untuk tetap fokus tapi tetap tenang dan jangan mendengarkan omongan yang menjatuhkan (jika situasi pelatihan terdengar beberapa anak2 yang meremehkan/meragukan).

Masukan email anda untuk menjadi pengunjung setia Catatanfawzy.com:

28 Responses to "Hal Positif yang bisa dilakukan di hari valentine, salah satu nya Jadi Relawan!"

  1. Wah hebat sekali sih, mulia banget kerjaannya, daripada merayakan valentine dengan pacar ini sih lebih berguna untuk generasi milenial nantinya, tetap lanjutkan bro...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul ka, semoga tulisan sederhana ini bisa membuka mata para ABG jaman Now untuk tidak memaknai sebagai hari valentine yang berlebihan dan justru banyak hal yang positif bisa kita lakukan diantara nya berbagi untuk sesama.

      Delete
  2. Wah bener bener keren artikelnya. Salut saya. Gag banyak orang yang mau kayak begitu loh.. Lanjutkan mas bro



    Celotehdinihari.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hanya sebatas berbagi cerita aja kaa, soalnya banyak ABG yang ber fikir kalau ngga Valentine-an merasa ngga gaul. padahal banyak hal hal positif yang bisa dilakukan.

      btw terima kasih sudah berkunjung :)

      Delete
  3. Tapi hari valentinw tanpa pacar serasa kurang 😁

    ReplyDelete
  4. manten om, benar2 sesuatu hal positif :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih kaa, semoga tulisan ini bisa jadi referensi buat temen temen agar di hari yang mereka sebut hari "kasih sayang" bisa diiisi dengan kegiatan yang bermanfaat :)

      Delete
  5. Semoga anak2nya jadi penerus bangsa amin

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amin amin ya rabbal alamin. semoga kelas anak anak jadi orang yang bermanfaat.

      Delete
  6. Bro,, maaf kalau boleh saran tolong selain ditulis di artikel mohon ceritakan juga dong di melalui video di youtube.. Pasti bakal lebih seru tuh.. Sukses slalu.. Terus jadi inspirasi bagi nusa dan bangsa ya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih bro sudah berkunjung, untuk video keseruan ini bisa di lihat di https://www,youtube,com/watch?v=y8jfBcyfNAQ (ganti koma dengan titik ya )

      dan untuk video lain saya juga ada chanel Yt pribadi, bisa di cek di header blog ini.

      Delete
  7. hebat sekali di hari penuh cinta ini kaka rela menjadi relawan untuk kebaikan anak2 kecil

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga bisa jadi inspirasi anak muda lain nya untuk melakukan hal positif di hari kasih sayang ini :)

      Delete
  8. Keren tuh.. tidak hanya memandang hari Valentine sebagai hari kasih sayang dengan pacar.. tp juga untuk memberi kasih sayang pada anak kecil.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul bro, ngga melulu dengan pacar, tapi bisa berbagi kasih untuk sesama.

      Delete
  9. kemaren sih saya pas valentine cuma tdur tdur mas, ga merayakan sama sekali. haha. itu termasuk kegiatan postif ngga ya haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau mas yosep mah siang nya tidur malam nya ng blog, jadi tetap produktif haha :D

      Delete
  10. nice artikel , dri pada valentine keluar rumah jalan sama perempuan ,mending lakukan hal yang positif hihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau keluar rumah ikutan kegiatan positif mah ngga masalah bang mastah.

      btw thanks ya udah berkunjung :)

      Delete
  11. keren mas bener bener beda artikelnya, berkualitas, lanjutkan mas buat berbagi manfaat :D

    ReplyDelete
  12. Nah ini baru keren. Valentine memang seharusnya begini. Melakukan hal hal bermanfaat (y) btw nice artikel gan. Sukses terus blonya

    ReplyDelete
  13. ini baru hal positif sekali yang dilakukan pada hari valentine.

    ReplyDelete
  14. saya sangat senang, membaca konten di blog ini, mnurut saya kepedulian terhadap pendidikan memang harus di sampaikan dengan cara kita sendiri.
    semangat mas

    ReplyDelete
  15. Valentine = pacaran? No. Valentine = relawan? Yes. Manfaatkan waktu dengan melakukan hal-hal yg bermanfaat. Nice info gan.

    ReplyDelete
  16. banyak sekali hal positif yg bisa dilakukan untuk merayakan hari kasih sayang, good job lah

    ReplyDelete
  17. untuk memaknai hari kasih sayang sebenarnya bukan hanya pada pacar / kekasih, akan lebih bermanfaat jika berbagi dengan orang yang membutuhkan, good job

    ReplyDelete