Sehari mengabdi di Kelas Inspirasi Cianjur, selamanya terkenang di Hati

Mencoba menceritakan kembali keseruan Kelas Inspirasi Cianjur setelah mencoba melalangbuana dari Cirebon, lalu minggu setelahnya ke pandeglang, dan terakhir tiba di Cianjur untuk mengikuti kelas Inspirasi Cianjur 1.  
foto kegiatan kelas inspirasi cianjur
"Diruang kelas yang cukup gelap dan dibawah pantulan sinar matahari yang menembus atas atap ruang kelas yang bocor seorang anak tetap tekun untuk belajar" (©Fawzy Maulana)
Baca juga: Keseruan Kelas Inspirasi Pandeglang di kaki gunung Karang
KI Cianjur kali ini merupakan KI keempat saya, dari sebelumnya mengikuti KI Jakarta 5, KI Cirebon 2 dan terakhir KI Pandeglang 1 pada tahun 2016. Karena mungkin sifat bawaan dari lahir suka dengan hal-hal baru oleh karena nya saya penasaran coba ikutan sekali dan akhir nya jatuh cinta dan terus daftar lagi didaerah lain walaupun harus mengkorbankan segala nya sendiri namun pengalaman yang didapat sungguh sangat tidak ternilai, utama nya bagi saya pribadi mengikuti kegiatan semacam ini adalah dapat meningkatkan rasa syukur kepada Allah SWT, dengan terjun langsung kelapangan, melihat sekitar dan merasakan langsung apa yang keseharian mereka lakukan setiap hari sangat lah berbeda dengan apa yang saya rasakan di kota.

Walapun sudah mengenali lingkungan KI namun Saya masih dibilang awam dan masih pemula jika dibanding dengan para aktivis KI yang telah explore kepelosok negeri demi tujuan mulia mereka. Kadang saya juga binggung dengan para pemburu KI (Julukan para relawan yang sudah puluhan kali mengikuti KI) apa sih yang mereka dapat? kok mau nya cape-cape jauh-jauh dari luar kota untuk ikutan acara yang begini yang belum tentu manfaat nya dapat di rasakan langsung anak-anak? "udah lah ngapain kita ngurusin hidup orang, hidup sendiri ajah susah toh mereka juga yang bakalan ada yang ngurusin kok kaya pemerintah" itu lah beberapa contoh tanggapan orang-orang disekitar kita karena selalu ada saja orang-orang yang berkomentar negatif terhadap apa yang orang lain lakukan, namun justru hal ini jadi percikan api untuk kita semakin semangat lagi ikutan "gotong royong mencerdaskan kehidupan berbangsa"

Lanjut lagi, awal saya agak ragu untuk mengikuti KI Cianjur ini, disamping jarak yang lumayan jauh dari Jakarta dan akses kesana sedikit susah jika ditempuh malam hari, berbeda ketika ke cirebon bisa menggunakan kereta malam dan ke pandeglang masih bisa menggunakan bus malam, maklum kesibukan kerja tetap lah yang utama :)

Namun dibalik itu semua, ada tantangan tersendiri bagi saya ketika bisa berpergian ke Cianjur sendiri menggunakan sepeda motor dan berpartisipasi dalam KIC perdana. Memang sih akan keluar biaya yang lumayan, tapi kebayar lah dengan apa yang kita dapat nanti nya dari segi Pengalaman tak terlupakan, bertemu dengan teman "gila" yang positif baru, bahkan memacu semangt baru dan silaturhami juga bisa termasuk didalamnya.
foto kegiatan kelas inspirasi cianjur
"Foto Para Relawan Kelas Inspirasi Cianjur 1 di SDN Maleber 1 cianjur" ((©Fawzy Maulana) 
Singkat cerita Jum'at malam kami berkumpul di kediaman salah satu relawan yang berdomisili asli cianjur yaitu "Ka Aiza", dari situ juga awal pertemuan kami bertemu dengan para relawan lain walaupun sebelumnya sudah mempersiapkan segala hal melalui Whatsapp Group, kami terbagi dalam kelompok 7 yang dijatah mengampuh di SDN Maleber 1 dengan formasi 2 Relawan Fasilitator, 2 Dokumentator, dan 10 relawan pengajar.

Sabtu 03 September 2016, hari Inspirasi itu pun tiba, kami sudah bergegas dari pagi bahkan ada yang tidak tidur semalam demi mempersiapkan peralatan yang akan mereka bawa esok hari nya atau bahkan sekedar ngobrol dengan teman baru. Setiba nya di sekolah kami disambut dengan tawa murid dan senyum ramah dari bapak ibu guru, sungguh pemandangan yang tak biasa jika dibandingkan keseharian dari tempat kami bekerja.

Upacara dan sambutan Bapak kepala sekolah pun sudah dilaksanakan saat nya tongkat estafet diserahkan kepada kami para relawan untuk 1 hari menjadi guru mereka saat itu, dikomandoi oleh Ka Dieta seorang yang sudah berpengalaman dalam KI dan dibantu satu fasilitator lain yaitu Ka Fachrul yang saat itu masih berstatus mahasiswa. kami saling bergantian mengisi kelas untuk mengajar kan mereka berbagai macam profesi dari kakak-kakak relawan.

Cerita pertama datang dari Ka Sonny, relawan pengajar yang satu-satu nya pria dalam kelompok kami sebagai Inspirator, dengan berbekal pengalaman mengikuti KI dari berbagai tempat dia berpesan kepada anak murid untuk belajar yang rajin demi meraih cita-cita dan dengan pembawaan yang tegas namun tetap menyenangkan membuat anak murid khidmat untuk mendengarkan segala inspirasi dari Ka Sony.
foto kegiatan kelas inspirasi cianjur
"Potrait tingkah para murid di SDN Maleber 1 cianjur" (©Fawzy Maulana) 
Hal serupa juga dialami oleh Ka Wahyu berprofesi sebagai Treasury Officer di Perusahaan Manufacturing Komponen Otomotif dan sudah mengikuti KI untuk ke 5 kali tentu sudah cukup mahir dan dengan berbekal alat peraga serta video slide yang ditampilkan pada smartphone nya dia memberikan sedikit gambaran bagaimana sih cara membuat mesin otomotif dan Ka wahyu berpesan untuk selalu giat belajar untuk dapat meraih cita-cita mereka setinggi mungkin.

Selanjutnya cerita dari Ka Zahra, berprofesi sebagai perancang grafis, dia membuat metode pembalajaran unik, dengan membawa anak murid belajar diluar ruangan dan memainkan ular tangga raksaksa dengan dadu yang besar sehingga membuat anak-anak sangat antusias dengan permainan nya, Ka Zahra menuntut anak-anak berlaku jujur dengan permainan tersebut dan diharapkan anak-anak tetap menjujung tinggi kejujuran dan sportifitas dalam pertandingan.
foto kegiatan kelas inspirasi cianjur
"Sehari jadi Guru di Kelas Inspirasi Cianjur 1 SDN Maleber 1 cianjur" (©Fawzy Maulana) 
Dan tak lengkap rasa nya jika tidak mendengar langsung dari para relawan yang baru pertama kali mengikuti kegiatan ini. Cerita bermulai dari Ka Aiza, datang dengan semangat tinggi untuk bertemu para murid-murid ceria ini, namun ternyata apa yang di rasakanya  tidak lah semudah yang dibayangkan, letih berkeringat, lari kesana kemari dan suara nya pun ikut habis karena beberapa kali harus teriak untuk bisa menenangkan suasana kelas.

Hal yang sama pun di ceritakan oleh Ka Lena, berprofesi sebagai Sales dengan pekerjaan sehari hari nya meyakinkan orang namun ketika dihadap kan dengan anak murid yang sangat aktif dia pun sedikit kesulitan, dia mensiasati dengan permainan angklung yang dibawa nya sendiri dari rumah, seketika itu kelas pun dapat kondusif kembali.

Namun secape apapun yang kami rasakan tentu nya terbayar dengan senyum tulus dari para murid, dan tidak berharap lebih semoga anak-anak ini akan tumbuh besar dan menjadi orang-orang hebat kelak dan mereka sadar bahwa dulu ada kakak-kakak relawan yang mau berbagi motivasi kepada nya sehingga apa yang kita lakukan dapat mereka lakukan kembali memotivasi para penerus bangsa ini dikemudian hari, karena bagaimana pun juga tugas mencerdaskan kehidupan berbangsa dan negara adalah tanggung jawab kita bersama.
foto kegiatan kelas inspirasi cianjur
"Foto bersama seluruh relawan bersama staff guru SDN Maleber 1 Cianjur" (©Fawzy Maulana) 
Untuk melihat keseruan video acara kegiatan Kelas Inspirasi Cianjuar 1 di SDN Maleber 1 Cianjur bisa lihat di Channel Youtube Aldi Suherlandi Arrahman

Dan bagi kalian yang berada di sekitar Cianjur dan sekitar nya bisa pantengin terus informasi KI Cianjur selajutnya di kelasinspirasicianjur.blogspot.co.id dan untuk Jadwal Kelas Inspirasi terupdate di berbagai tempat di seluruh Indonesia bisa melihat info di kelasinspirasi.org.

SALAM INSPIRASI!

Masukan email anda untuk menjadi pengunjung setia Catatanfawzy.com:

21 Responses to "Sehari mengabdi di Kelas Inspirasi Cianjur, selamanya terkenang di Hati"

  1. keren mas nya aktif sekali di kelas inspirasi. saya suka gerakan ini meski saya belum bisa turun langsung ikut serta karna keterbatasan waktu. kampir seluruh kota ada KI kan. keren bgt

    lanjutkan terus mas...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hanya sebuah hobi buat habisin akhir pekan aja kaa, sekarang sudah hampir seluruh kota di seluruh Indonesia sudah buka pendaftaran kok, coba buka link aja kaa diatas.

      Delete
  2. mantap mas, kelas seperti ini harus tingkatkan lagi biar anaka anak terinpirasi untuk mecapai cita citanya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul bang Rahmad makanya ayo coba ikutan dong, seru loh :)

      Delete
  3. keren mas. saya belum pernah coba ikutan kelas inspirasi di kotaku. agak minder, soalnya aku kalo mgejelasin sesuatu kata temen-temenku terlalu cepet ngomongnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya awal ikutan aja minder mas, tapi lama lama pede kok, yakin deh banyak pengalaman yang bisa diambil. coba dulu aja :)

      Delete
  4. Wahh menginspirasi. Saya dari dulu pengen ikut KI, tapi belum jadi kesampean terus

    ReplyDelete
    Replies
    1. Next time kudu wajib ikutan ya mas rahmat , seru lo :)

      Delete
  5. Kita hampir,kalo aku nama kegiatannya Gubug Pintar.
    Buat lebih jelasnya mampir aja gan ke www.wardana.ga

    ReplyDelete
  6. Menceritakan dan menuangkan ke dalam tulisan memang suatu hal yang baik . Apalagi bisa mengajak seseorang untuk menjadi relawan. Terima kasih atas cerita dan mudah mudah hati dapat tergugah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mas, awal nya saya cuma iseng nulis pengalaman yang sudah dialami, seneng sih kalau bisa jadi inspirasi orang lain untuk ikutan turun tangan di dunia pendidikan.

      Delete
  7. wah salut saya sama mas bisa aktif dalam kelas inspirasi, semoga saya dan teman yang lainnya bisa terdorong untuk mengikutinya juga

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga bisa terealisasi ya mas untuk ikutan kegiatan semacam ini, ngga rugi loh, banyak manfaat nya, percaya deh :)

      Delete
  8. sosialisasi yang baik, untuk membangun karakter yang lebih manusiawi

    nice share gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih mas, semoga bisa banyak lagi yang tertarik untuk ikutan aks semacam ini.

      Delete
  9. alhamdullah sama si dengan saya tapi sayabergarakdi edukasi pertanian, walaubeda tujuan tetapi ttp satu arah yaitu mencerdaskan bangsa. semangat kawan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Apapun tema kegiatan relawan asal untuk hal yang bermanfaat apalagi kemajuan pendidikan kita selalu support Ka.

      Sukses untuk edukasi pertaniannya ya.

      Delete
  10. lanjutkan mas. Semoga menjadi amal jariyah bagi masnya, dan inspirasi bagi semua orang

    ReplyDelete