Berbagi Inspirasi Lewat Profesi di Kelas Inspirasi Semarang 3

Di pertengahan bulan september, untuk ke sekian kalinya saya kembali untuk mengikuti di Kelas Inspirasi. Pada KI kali ini saya ingin berbagi cerita ketika mengikuti Kelas Inspirasi yang berada di Kecamatan Pedurungan, kota Semarang. Dan bagi Saya KI yang satu ini suasana nya sedikit berbeda dengan KI sebelumnya, disamping KI yang paling jauh sementara dari sekian KI yang sudah saya ikuti, pada kesempatan ini juga terasa special karena lokasi yang kami datangi berupa Madrasah Ibtidaiyah (MI).
foto kegiatan kelas inspirasi semarang
"Salah satu siswi MI Al Wathoniyah 02 memimpin rekan lain nya untuk membaca ayat suci Al Qur'an sebelum kelas dimulai".(©Fawzy Maulana)
Baca Juga: Tingkat kan bakat Individu dengan belajar di EducenterID.
Tentu kalian akan bertanya-tanya kenapa sih mau ikut kegiatan seperti ini ngga di bayar lagi, apa untungnya? Ya… ini memang kegiatan sukarela, tapi di setiap kegiatannya selalu berkesan di hati. Hal baru selalu kami dapat dari setiap kegiatan Kelas Inspirasi, hal itu yang membuat Kelas Inspirasi sayang untuk di lewati bagi kami yang tau makna didalamnya. Selain hal baru yang kami dapat, semangat untuk mencerdaskan kehidupan bangsalah yang membuat kami terus semangat untuk mengikuti kegiatan ini. Kelas Inspirasi juga saya jadikan salah satu cara saya untuk mengabdi kepada negeri.

Sabtu malam saya dari Jakarta menuju Semarang dengan menggunakan kereta kebetulan saya bareng rekan satu kelompok saat itu yaitu Ka Shinta, salah satu pejuang KI juga yang sudah malang melintang mengikuti kegiatan kerelawanan terutama Kelas Inspirasi. Kemudian setelah sampai di stasiun poncol, kami selanjutnya berpisah tempat singgah  ketika di semarang, jika ka Shinta tinggal di rumah penginapan berbeda dengan saya yang lebih memilih menginap di salah satu rekan relawan asli orang semarang yaitu Ka Fauzy, salah satu dari ketiga relawan fotografer. 
mengunjungi beberapa tempat hits di semarang salah satu nya lawang sewu
"Nyoba long exposure di depan Landmark semarang yaitu lawang Sewu" (©Fawzy Maulana)
Singkat cerita, setelah saya istirahat dan sarapan di kediaman rumah ka Fauzy, siang nya kami survey kesekolah tersebut untuk memasang Spanduk kegiatan dan mempersiapkan segala hal nya seperti membuat topi peserta atau acara opening seperti apa yang akan kita bawakan esok hari pada saat hari Inspirasi tiba. Di sinilah cerita hebat kami bersama seluruh relawan Kelas Inspirasi kelompok 15 dimulai. Saya dan mas Fauzy bertemu dengan kawan relawan-relawan lainnya untuk mulai berbincang mengenai kegiatan kita kali ini. Ya…walaupun sebelumnya sudah kita perbincangkan di grup whatsapp, tapi guna mempermantap rencana kita, akan lebih baik kalau diperbincangkan lagi secara langsung dan tak terasa persiapan kita selesai kan sampai sore hari. Bahkan kita lanjutkan obrolan seru kami dengan mengunjungi tempat-tempat hits di Semarang tak terkecuali Landmark kota Semarang yaitu Museum Lawang sewu serta minum Jahe yang paling dikenal di dekat taman tersebut. 
foto kegiatan kelas inspirasi semarang
"Gambaran kecerian para murid dan relawan" (©Fawzy Maulana)
19 September 2016 awal cerita bersama kawan relawan dari kelompok dimulai. Setiba nya kami di MI Al Wathoniyah 02 kami sudah disambut dengan senyum ramah dari penduduk setempat termasuk Kepala sekolah, guru, beserta siswa-siswi yang ada disana. Saat nya menggantikan peran para guru di MI Al Wathoniyah 02. Bermodalkan pengalaman pada kegiatan KI sebelumnya kami mengajar dan menginspirasi mereka dengan apapun yang kami miliki. Walaupun cuaca cukup panas saat itu, tapi itu tidak mengurangi semangat mereka untuk belajar. Tentu semangat mereka juga tertular kepada kami para relawan KI. Ilmu, pengetahuan, dan pesan-pesan kami sampaikan kepada mereka. Berharap mereka menjadi anak-anak yang didambakan orang tua mereka. Pada kesempatan ini juga saya kembali mendaftarkan diri menjadi relawan Fotografi bersama Ka Fauzi dan Ka Wening dan juga membantu relawan Videografer kami yaitu Ka Setya Nugroho atau yang diakrab dipanggil dengan sebutan Ka Iyas meliput dan menyaksikan para relawan Inspirator yang yang pada hari ini memberikan Inspirasi nya kepada anak murid dengan harapan dapat mengenalkan profesi-profesi baru yang dapat diberikan kepada murid agar di kemudian hari nya ia dapat memilih profesi nya berdasarkan kemampuan dan bakat dimiliki.

Beranggotakan 9 relawan Inspirator dibantu 3 relawan Fasilitator mereka membagi waktu untuk menjadi guru sehari di MI Al Wathoniyah 02. Dan tentu nya tak lengkap rasa nya jika tidak menceritakan kegembiaraan kami ketika menginspirasi di MI Al Wathoniyah 02, awal cerita datang dari Ka Minori A.ka. Dwi Ayu Octaviani, S.Par. yang berprofesi sebagai Tourist Guide menceritakan pengelaman nya mengunjungi beberapa tempat indah di seluruh Indonesia, dan memberikan gambaran tentang apa itu profesi sebagai Tour Guide dan menceritakan bahwa terdapat banyak tempat yang indah yang dapat kita kunjungi di belahan mana pun di Indonesia dan mengenalkan Landmark masing masing kota di Indonesia. Bagi nya walaupun baru kali pertama ikutan KI dan bertemu anak-anak kecil ini adalah pengalaman yang sangat berharga.
foto kegiatan kelas inspirasi semarang
"Keseruan para relawan Inspirator bebagi pengalamnya didepan anak murid di MI Al Wathoniyah 02".(©Fawzy Maulana)

Hal demikian juga disampaikan oleh Ibu Kusmawarni, S.Pd. walaupun berprofesi sebagai guru di SMP, keinginan nya untuk mengajar anak SD yang anak-anak nya masih memiliki rasa pengetahuan yang tinggi serta aksi polos nya membuat nya ingin sekali mengikuti kelas inspirasi di semarang, dan dia selalu menekankan kepada anak murid yang dia ajarkan di kelas untuk giat belajar dan mencapai cita-cita setinggi mungkin.

Tak dirasakan oleh Ibu Kus saja, ternyata pengalaman serupa itu pun dirasakan oleh Ka Efa Nugroho, walaupun profesi sebagai Dosen tak membuat nya urung untuk berbagi inspirasi dengan anak murid di MI Al Wathoniyah 02, "rasa nya jelas berbeda mengajar mahasiswa dengan anak SD, bagi saya ini adalah pengalamn berharga semoga adek adek disini terpacu semangat belajar nya agak dapat meraih cita-cita mereka setinggi-tinggi nya" pungkas Ka Efa ketika dimintai testimoni kegiatan KI semarang 3.

Dan testimoni terakhir untuk relawan inspirator yang baru pertama kali mengikuti kelas inspirasi yaitu Ka Arum yang berprofesi sebagai sekretaris, bagi nya ini adalah pengalaman pertama nya mengikuti kegiatan kerelawanaan seperti KI ini, anak anak nya seru, lincah dan pasti nya punya semangat belajar yang tinggi. harap nya tentu ingin melihat anak-anak tumbuh besar menjadi pribadi yang baik bagi masyarakat kelak.
foto kegiatan kelas inspirasi semarang
"Daftar seluruh relawan Kelompok 15 Kelas Inspirasi Semarang 3 di MI Al Wathoniyah 02".(©Fawzy Maulana)

Tak lupa juga para pegiat KI ini memberikan sedikit pengalaman nya ketika berbagi inspirasi kepada murid di  MI Al Wathoniyah 02, Seorang Entrepreneur asli semarang yaitu Ka Dian Ayu untuk memberikan sedikit motivasi nya kepada anak murid untuk sejak dini mulai melalukan usaha sendiri, sehingga tak melulu menjadi lulusan yang hebat untuk dapat bekerja di perusahaan ternama namun anak murid dapat mengembangkan ilmu nya untuk menjadi calon pengusaha yang hebat bahkan bisa memajukan kota nya dan membuka lapangan usaha baru di daerah mereka masing-masing.

Hal serupa juga disampaikan oleh Ka Shinta yang berprofesi sebagai Loyalty Program Analyst di salah satu perusahaan swasta, membeberkan kepada anak-anak selain kerja keras yang besar dan semangat yang tinggi tak lupa juga untuk berbakti kepada orang tua menjadi hal yang utama.

Dan ditutup dari cerita Ka 
Nina Fakhrun, bagi nya ikutan KI itu seperti menemukan sosok baru dari adik-adik seperti pengalamanya menemui salah satu siswa bernama Kevin, karena dari nya justru Ka Nina yang terinspirasi dari semangat Kevin untuk giat belajar demi tujuan mulia nya membahagiakan kedua orang tua nya. 

Walaupun letih, ngantuk, apapun itu terbayar lunas dengan apa yang kami dapat dari apa yang telah kami lakukan. Kami berharap kedatangan kami berkesan di hati mereka dan semoga segalanya yang kami berikan bermanfaat bagi mereka. Dan yang tidak kalah penting semoga kelak mereka bisa menjadi pemuda-pemudi yang berperan besar untuk negeri ini.
foto kegiatan kelas inspirasi semarang
"Foto bersama Jajaran Guru dan para relawan kelompok 15 Kelas Inspirasi Semarang 3 di MI Al Wathoniyah 02". (©Fawzy Maulana)
Untuk melihat keseruan video acara kegiatan Kelas Inspirasi Semarang 3 di MI Al Wathoniyah 02 Semarang bisa lihat di Channel Youtube Florantia Setya Nugroho.
Dan bagi kalian yang berada di Semarang dan sekitar nya, sebentar lagi Kelas Insirasi Semarang akan open recruitment relawan inspirator dan dokumentator Kelas Inspirasi Semarang 5, Info lengkap kunjungi website resmi Kelas Inspirasi Semarang

dan untuk Jadwal Kelas Inspirasi terupdate di berbagai tempat di seluruh Indonesia bisa melihat info di (http://kelasinspirasi.org/daftar).

Salam Inspirasi !

Masukan email anda untuk menjadi pengunjung setia Catatanfawzy.com:

10 Responses to "Berbagi Inspirasi Lewat Profesi di Kelas Inspirasi Semarang 3"

  1. Semoga kelas inspirasi abang bisa menyebar ke seluruh INDONESIA bang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sudah menyeluruh ke seluruh Indonesia mas, makanya ayo ikutan deh, seru loh

      Delete
  2. Nanya deh mas, itu mas biaya sendiri ata sudah disediakan sama panitia ya ?

    sukses terus ya mas, perbanyak artikel seperti ini biar banyak meyadarkan para generasi pemuda saat ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sesuai judul nya, kegiataan kerelawaan segala halnya dibiayai sendiri mas.
      yang terpenting tulus dan ikhlas jalanin nya. :)

      Delete
  3. sangat menginspirasi.. ternyata masih ada generasi muda yang peduli dan mau jadi relawan

    ReplyDelete
  4. saya suka baca blognya kak fawzy, menginspirasi, dan jadi relawan demi pendidikan di indonesia. jarang loh orang umur segitu ingin menjadi relawan, banyak yang memilih untuk meneruskan cita citanya, tapi kak fawzy dan yang lainnya lebih peduli dengan masyarakat yang kurang mampu dan lebih ingin menjadi relawan. sukses terus mas fawzy

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hallo mas Romy, ini relawan hanya dalam sehari loh ya mas, bukan mengabdi sepenunhya jadi fulltime relawan, memang ada kegiatan yang jadi relawan sepenuhnya misal seperti Indonesia mengajar, belum coba daftar sih masih ragu juga hehe.

      btw terima kasih sudah berkunjung ya mas Romy :)

      Delete
  5. Semoga para relawan ini di beri tambahan rezeki dan kesehatan, senang rasanya bisa menjadi Relawan Kelas inspirasi, bisa berbagi susah senang kepada orang lain, yang tujuan utamanya adalah memberikan inspirasi dan motivasi kepada orang lain supaya terus melangkah maju tanpa gentar menghadapi cobaan yang menghadang.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih apresiasi nya ka Yogi, semoga dengan tulisan sederhana ini juga banyak yang tertarik untuk ikutan dikelas Inspirasi didaerah lain.

      Delete